Friday, September 18, 2020

Apa Saja Sih Syarat untuk Membuat Kartu NPWP?


Banyak orang yang ingin mempunyai NPWP namun tidak tahu apa saja syarat membuat NPWP itu sendiri. Padahal dalam menyiapkan syarat-syarat NPWP ini tidaklah begitu sulit lho. Anda bahkan bisa mengajukan NPWP secara online jika mempunyai syarat-syarat yang lengkap. Saat ini, NPWP bisa dengan lebih mudah dibuat karena adanya sistem online.

Banyak orang yang membutuhkan NPWP agar bisa mendirikan sebuah badan usaha. Namun kehadiran NPWP ini tidak hanya untuk keperluan membuka usaha saja, lho. Anda yang ingin membuat paspor, mengajukan kredit bank atau membuka rekening koran, semuanya memerlukan NPWP. Jadi, apapun kepentingan atau tujuan Anda dalam membuat NPWP, syarat yang dibutuhkan sangatlah mudah, apa sajakah itu?

Syarat Membuat NPWP untuk Pribadi

Untuk Anda yang ingin membuka NPWP karena keperluan pribadi, di luar tujuan membuka sebuah usaha atau bisnis, syarat yang diperlukan adalah :

1. Bagi WNI, siapkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) 

2. Sementara bagi WNA, maka Anda perlu menyiapkan paspor atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau bisa juga Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP). 

3. Jika Anda adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), maka Anda bisa melampirkan fotokopi Surat Keputusan (SK) penetapan status PNS.

4. Sementara bagi Anda yang seorang karyawan swasta, maka Anda bisa melampirkan fotokopi Surat Keterangan Kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda.

Syarat Membuat NPWP untuk Membuka Usaha

Sementara untuk Anda yang ingin sekali mendirikan sebuah bisnis, Anda perlu legalitas agar bisnis Anda diakui. Setidaknya, Anda harus mengajukan NPWP pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang dekat dengan tempat usaha Anda. 

Nah, karena pengajuan NPWP online hanya bisa dilakukan untuk pribadi, maka Anda harus mengajukannya secara offline, langsung ke KPP terdekat. Adapun syarat yang harus Anda miliki jika usaha yang ingin Anda bangun bergerak di bidang yang mencari keuntungan, seperti pertambangan minyak bumi dan gas, kontraktor dan berbagai usaha lainnya, berikut adalah syaratnya :

1. Fotokopi akta pendirian usaha atau surat yang berisikan penunjukkan dari kantor pusat kepada cabangnya untuk mendirikan sebuah badan usaha tetap.

2. Fotokopi NPWP dari pendiri perusahaan

3. Fotokopi paspor jika pendiri adalah WNA, atau bisa juga KITAS/KITAP.

4. Fotokopi berisikan dokumen mengenai izin bisnis yang dikeluarkan oleh pihak berwenang.

Sementara untuk Anda yang ingin mendirikan sebuah usaha namun orientasinya tidak pada keuntungan, maka syaratnya adalah :

1. Fotokopi KTP 

2. Surat keterangan mengenai alamat tempat tinggal dari RT atau bisa juga dari RW setempat.

Tidak begitu sulit bukan menyiapkan syarat membuat NPWP? Baik untuk keperluan pribadi atau bisnis, NPWP cukuplah penting untuk dimiliki. Jika bisnis Anda sudah beroperasional dengan baik, jangan lupa untuk mengatur bisnis Anda sesuai standar akuntansi UKM.  

Salah satu aplikasi akuntansi UKM yang sangat cocok diunduh dan gratis digunakan adalah “BukuKas”. Penasaran dengan berbagai fitur dan layanannya? Unduh segera hanya di smartphone kesayangan Anda!

Wednesday, September 16, 2020

Biar Gayanya Gak Monoton, Coba 7 Pose Foto Keren Ini dengan Pasangan!

Sumber: pinterest.com


Mengabadikan momen-momen indah dengan pasangan adalah salah satu cara untuk menunjukkan rasa cinta yang kita miliki padanya. Dengan mengabadikan momen kebersamaan lewat foto juga bisa menjadi obat dikala rindu dengan pasangan. Melihat bagaimana kehangatan dan keseruan kalian saat berjumpa. Dan segala momen yang pernah kalian lewati bersama-sama. Mengekspresikan perasaan lewat foto gak harus melulu ciuman atau pelukan. Banyak gaya keren dan kreatif yang dapat dicoba buat mengabadikan momen kebersamaan kalian. Tentunya gak kalah romantisnya dari foto-foto yang pernah kalian potret sebelumnya.


Nah, biar gaya kalian gak tampak monoton, nih ada tujuh inspirasi pose foto keren yang bisa kalian tiru bareng pasangan nanti. 

1. Angkat Pasangan Di Pundak Bakal Kocak Banget Nih!


Sumber: pinterest.com


Coba deh, angkat pasangan kamu di pundak seperti pada gambar ini. Kalian seakan sedang bercanda-canda dan menciptakan kehangatan bersama. Ide foto satu ini bakal jadi foto kenangan yang kocak banget!

2. Gaya Swag Bareng Pasangan


Sumber: pinterest.com


Foto dengan gaya swag memang sedang trend belakangan ini. Nah, kamu juga bisa mencoba gaya foto seperti ini bareng pasanganmu. Biar fotonya makin hits abis, padukan penampilan kalian dengan outfit yang swag juga ya, geng!

3. Potret Kebersamaan Kalian Sambil Main Gitar


Sumber: pinterest.com


Mengiringi lagu dengan gitar untuk pasangan menjadi salah satu momen yang romantis banget bagi para wanita. Abadikanlah momen romantis tersebut dengan kamera Samsung S20 Ultra milikmu. Kebersamaan kalian yang romantis ini bisa bikin para jomblo iri deh dengan kalian.

4. Foto dengan Latar Rak Supermarket untuk Foto yang Gak Biasa


Sumber: pinterest.com


Biar foto kebersamaan kalian gak gitu-gitu saja, kamu bisa mencoba foto dengan latar rak supermarket seperti ini, nih. Lalu pose dengan gaya cool untuk menciptakan foto yang instagramable. Pakailah outfit dengan warna yang senada bareng pasangan agar fotonya makin hits!

5. Bersandar dengan Pasangan juga Sweet Lho


Sumber: pinterest.com


Untuk menunjukkan rasa cinta yang kalian punya, bersandar ke pasangan untuk gaya foto bisa dicoba lho. Ide foto satu ini mampu memberikan kesan yang sweet dan romantis. Tentunya bisa jadi pilihan selanjutnya untuk menciptakan foto kenangan yang gak monoton bareng pasangan.

6. Ciptakan Keromantisan Berdua Sambil Menikmati Es Krim Bersama


Sumber: pinterest.com


Menciptakan foto yang romantis bareng pasangan itu gak perlu yang mewah-mewah, makan es krim berdua juga gak kalah romantisnya kok. Agar hasil fotonya gak tampak biasa, kamu bisa menyuapi pasangan dengan es krim. Lalu potret dengan kamera Xiaomi Note 8. Kamu bisa minta tolong ke teman kamu buat mengabadikan momen kebersamaan ini.

7. Menunjukkan Kekompakan dengan Memakai Baju dan Topi Couple


Sumber: pinterest.com


Supaya foto kebersamaan kalian makin romantis, coba deh gunakan pakaian couple bareng pasangan. Untuk kesan yang lebih romantis lagi, kamu bisa berpose dengan bersandar ke pundak pasangan seperti ini. Lantas, ambil angle foto dari belakang. Hasilnya, dijamin gak akan mengecewakan!


Jadi, itulah tujuh pose foto yang bisa kamu tiru bareng pasangan. Foto-foto di atas bisa kamu potret dengan menggunakan kamera dan tripod, atau kamu bisa meminta tolong seseorang buat mengabadikan momen kalian. Memiliki foto kebersamaan dengan pasangan tentunya bisa menjadi kenang-kenangan yang tidak akan terlupakan hingga tua nanti. Semoga ide-ide ini bisa menginspirasi kalian semua, ya!

Friday, September 11, 2020

Layanan Dokter Online, Opsi Pemantauan Kesehatan di saat Pandemi


Indonesia terus berbenah mengembangkan pelayanan kesehatannya bagi masyarakat luas. Kondisi pandemi Covid-19 membuat kebutuhan akan obat, tenaga medis dan fasilitas kesehatan lainnya terus meningkat. Layanan dokter corona online bisa dimanfaatkan siapapun untuk tetap memantau kondisi kesehatan diri sendiri maupun keluarga.

Layanan dokter online ini bisa Anda manfaatkan untuk memanfaat kesehatan tanpa harus pergi keluar rumah. Cara ini terbilang efektif tanpa harus takut terpapar infeksi virus yang sedang marak memakan korban jiwa. Layanan dokter online juga disebut sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran Covid-19 yang mudah dilakukan.

Kemudahan Layanan Dokter Online

Beragam kemudahan bisa dinikmati lewat layanan konsultasi dokter online ini. Dalam kondisi yang serba terbatas Anda tetap bisa memeriksakan diri secara tidak langsung kepada dokter pilihan yang berpengalaman. Selain berkonsultasi tentang kesehatan umum, layanan ini bisa dimanfaatkan secara terus menerus untuk berkonsultasi seputar Covid-19. Apa saja kemudahan layanan lainnya?

1. Tidak Perlu Mengunjungi Rumah Sakit atau Klinik

Pandemi Covid-19 membuat pergerakan siapapun terbatas. Pelayanan di rumah sakit atau klinik diutamakan untuk pasien Covid-19. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati layanan kesehatan. dengan layanan konsultasi online Anda tetap bisa mendapat pelayanan kesehatan tanpa perlu mengunjungi rumah sakit atau klinik sehingga bisa memperkecil kemungkinan penularan virus corona.

2. Hanya Membutuhkan Jaringan Internet

Hanya dengan jaringan internet dan smartphone, Anda sudah bisa mengakses layanan kesehatan berbasis online. Memang untuk mendapatkan layanan ini Anda perlu membayar tarif dengan nominal tertentu, tetapi Anda cukup membayar 1 kali untuk konsultasi sepuasnya selama 14 hari. Coba bandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi dan parkir jika ingin berkonsultasi langsung ke pusat kesehatan selama beberapa hari. Namun jangan khawatir tidak mendapatkan pelayanan yang maksimal karena dokter yang berjaga tetap akan melayani Anda sepenuh hati.

3. Hasil Akurat dan Cepat

Berbasis online bukan berarti dokter yang melayani konsultasi Anda abal-abal. Tidak jarang Anda bisa menemukan dokter spesialis tertentu dengan jam kerja belasan tahun. Kepercayaan pasien terhadap dokter tetap dijaga demi kepuasan dan hasil yang akurat. Jadi tidak perlu khawatir akan hasilnya karena hasil diagnosa dijamin akurat dan cepat diterima.

4. Konsultasi Langsung ke Dokter Terpercaya

Bisa langsung memilih dokter mana untuk berkonsultasi jadi salah satu nilai tambah layanan dokter online. Seleksi mandiri terhadap dokter sebelum konsultasi bisa dengan mudah Anda lakukan. Beberapa caranya yakni dengan melihat spesialisasi, review orang atau melihat biografi si dokter. Bila tidak sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mudah mengganti dokternya.

5. Bisa Memanfaatkan Layanan Lainnya

Terdapat layanan lainnya yang bisa dimanfaatkan selain layanan konsultasi Covid-19. Beberapa penyakit khusus lainnya seperti cedera, masalah sendi, masalah tekanan darah atau bahkan masalah kesehatan ringan bisa ikut dikonsultasikan di sini. Tentu saja tetap pada pelayanan yang optimal dengan hasil yang akurat. Jika dibutuhkan, Anda juga bisa mendapatkan layanan perawat yang datang ke rumah dengan tambahan biaya.

Manfaatkan layanan dokter online untuk terus memantau kesehatan Anda dan keluarga tanpa harus keluar rumah. Ini bisa dilakukan tanpa takut tertular virus pandemi mematikan. Dengan begitu Anda juga sedang melakukan pencegahan penyebaran virus terhadap diri sendiri juga orang lain. Imbangi pencegahan dengan sering mencuci tangan minimal selama 20 detik dengan cara yang benar.

Wednesday, August 19, 2020

Kunci Sukses Dalam HIdup Yang Sering Sekali Kamu Lewatkan

Percaya tidak percaya hanya ada sekitar 3% saja manusia di dunia ini yang benar-benar mengetahui tujuan hidupnya secara pasti, sedangkan 97% manusia lainnya melalui kehidupan sesuai dengan alurnya tanpa pernah berfikir untuk menentukan tujuan hidupnya secara pasti.

Dan seperti yang sudah diprediksi, kelompok 3% inilah kelompok teratas yang mengusai dunia. Ingin menjadi 3% orang sukses tersebut? Berikut langkah kunci sukses dalam hidup yang sering sekali kamu lewatkan .

1. Tentukan secara pasti keinginan kamu

Tidak banyak orang yang memahami secara pasti keinginan yang ingin mereka raih, kebanyakan orang merasa mereka “sudah” memiliki tujuan, padahal sebenarnya hal tersebut hanyalah sekedar harapan dan mimpi saja.

Tujuan merupakan suatu hal yang spesifik dan jelas, yang dapat kamu fokuskan untuk meraihnya setiap hari. Hal-hal yang dapat diukur. Sesuatu yang bisa orang katakan seberapa dekatnya Kamu dalam meraih “tujuan” tersebut.

2. Tuliskan tujuan tersebut

Ada sebuah aturan tidak tertulis yang mengatakan, kalau kamu ingin sukses, beri ukuran di setiap tujuan dan aktivitas; tapi kalau kamu ingin menjadi kaya, beri ukuran finansial di setiap tujuan dan aktivitas.

Penelitian manajemen terbaru melihat kerja 150 sarjana yang mempelajari ribuan perusahaan di lebih dari 20 negara. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa 80% kesuksesan bisnis diraih berkat tujuan dan sasaran yang jelas, ukuran yang jelas, dan tenggat waktu yang jelas.

Hal yang perlu kamu ingat adalah kamu tidak bisa membidik suatu target yang tidak bisa kamu lihat. Tetapi jika target yang kamu bidik sudah terlihat jelas, kamu bisa lebih mudah untuk mengukur kemajuanmu.

Maka dari itu kamu wajib untuk menuliskan tujuan tersebut disertai ukuran setiap kemajuannya di sampingnya untuk mengetahui progress yang sudah kamu raih.

3. Tentukan kapan tujuan tersebut diraih

Tentukan secara persis kapan kamu ingin meraih tujuan tersebut. Kalau itu merupakan sebuah tujuan jangka panjang, perinci target-target tersebut ke dalam bentuk harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan.

Setelah penentuan tujuan tersebut, kamu akan mendisiplinkan diri untuk menyelesaikan satu atau lebih dari aktivitas itu setiap harinya.

Bagaimana jika kamu melewatkan tenggat waktu yang telah ditentukan? Kamu tinggal menetapkan tenggat waktu baru. Tidak pernah ada tujuan-tujuan yang tidak masuk akal, yang ada hanyalah tenggat waktu yang tidak masuk akal

4. Tuliskan pemikiran atau ide kamu

Selalu buat daftar tulisan pemikiran-pemikiran yang menurut kamu akan mempermudah untuk mencapai tujuan tersebut. Mulai dari hal-hal baru yang ingin kamu pelajari atau orang-orang yang bisa kamu ajak bertukar pikiran. 

5. Atur daftar menurut urutannya

Untuk mempermudah aturlah daftar sesuai dengan urutannya. Mulai dari langkah apa yang harus kamu kerjakan pertama kali, langkah kedua, langkah ketiga, begitu seterusnya hingga langkah terakhir yang harus kamu kerjakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Selain melalui langkahnya, kamu juga bisa menyusun daftar berdasarkan skala prioritasnya. Buatlah daftar berdasarkan prioritas yang paling penting hingga ke prioritas yang tidak terlalu urgent. Terapkan juga pengaturan 80/20, yang menyatakan bahwa 80 persen kesuksesan kamu ditentukan dari 20 persen pekerjaan yang kamu lakukan.

Daftar aktivitas yang diatur menurut urutan dan prioritas menjadi sebuah rencana. Jika kamu memiliki tujuan tertulis dan rencana, kamu bergerak mendahului 97 persen manusia di dunia yang belum mempunyai tujuan hidup yang jelas.

6. Selalu berorientasi pada tindakan

Langkah pertama merupakan suatu hal yang paling sulit untuk dikerjakan, betul tidak? Padahal sebenarnya dengan mengambil langkah pertama kamu akan mendapatkan 3 manfaat besar. Manfaat pertama, kamu akan mendapatkan umpan balik saat itu juga. Manfaat kedua, Kamu akan mendapatkan gagasan untuk melakukan tindakan selanjutnya guna meraih tujuan kamu. Dan manfaat ketiga, kamu akan merasakan kepercayaan diri yang luar biasa karena telah berhasil menjalani langkah pertama kamu dengan yakin.

7. Konsisten

Selalu lakukan sesuatu setiap hari yang menggerakan kamu kepada tujuanmu. Lakukan terus menerus hingga tanpa sadar kamu telah melakukan hal tersebut selama 7 hari, lalu berlanjut ke 30 hari, hingga tahu-tahu sudah terlewati 365 hari.

Saat kamu melakukan hal tersebut, kamu tengah menjalankan prinsip momentum kesuksesan seperti yang dikatakan Sir Isaac Newton, dimana dibutuhkan energi yang sangat besar untuk pertama kalinya, tetapi dibutuhkan lebih sedikit energi untuk membuat tubuh tersebut bergerak maju.

Tuesday, July 28, 2020

Bagaimana Cara Investasi Jangka Pendek Buat Pemula yang Bergaji Kecil


Apa sih yang jadi tujuan investasi jangka pendek kamu? Menikah, beli rumah, lanjut kuliah S2 atau S3, atau cuma sebatas ingin menambah pemasukan bulanan aja biar arus kas kamu sehat? 

Bukan rahasia lagi, untuk mengumpulkan biaya guna memenuhi tujuan jangka pendek dalam jangka waktu “cepat,” kita harus membeli produk investasi yang tepat.

Hal itu disebabkan karena “menabung” gak akan menjadi solusi yang tepat. Bayangkan saja, bunga di tabungan itu cuma 0,25 hingga 1 persen saja per tahun, belum lagi akan ada biaya administrasi yang harus kamu bayarkan.

Lain halnya jika kamu berinvestasi. Tapi sebenarnya, apa sih investasi jangka pendek itu? Apa bedanya dengan yang jangka panjang?

Apa yang dimaksud dengan investasi jangka pendek?

Secara garis besar, investasi adalah kegiatan menempatkan dana pada satu atau lebih dari satu jenis aset selama periode tertentu, dengan harapan mendapat penghasilan atau peningkatan nilai investasi.

Yang membedakan jangka waktu investasi adalah tujuan dari investasi itu sendiri. Jika investasi jangka panjang bertujuan untuk menambah ketersediaan dana pensiun, aset di masa tua, dan lain sebagainya.

Sementara itu yang jangka pendek ditujukan untuk kebutuhan seperti menikah, beli rumah, lanjut usia, dan lainnya. Jika tujuannya saja beda, maka waktu investasinya tentu saja berbeda. Kira-kira berapa tahun sih investasi jangka pendek itu?

Berapa tahun investasi jangka pendek?

Bicara soal waktunya, investasi ini berlangsung antara satu hingga maksimal tiga tahun saja. Lebih dari itu, tentu saja sudah masuk kategori investasi jangka menengah. 

Kira-kira apa saja sih produk investasi yang bagus, dalam artian bisa menghasilkan cuan besar?

Gak usah khawatir, beberapa produk investasi di bawah ini bisa menyediakan keuntungan mulai dari 5 persen hingga 20 persen per tahun lho!  

Contohnya saja, kamu memulai investasi dengan rutin menyisihkan Rp2 juta per bulan di instrumen yang bisa menghasilkan imbal hasil 20 persen, maka di tahun ketiga uangmu sudah jadi Rp276 juta! Menarik kan?

Coba kalau cuma nabung, tahun ketiga kamu mungkin cuma mendapatkan uang Rp72 juta.   

Gimana, tertarik gak? Sebelum kita membahas apa saja instrumen investasi jangka pendek yang menguntungkan, ada baiknya kita cari tahu dulu seperti apa karakter investasi untuk tenor ini.