Sunday, March 31, 2019

Beberapa Perangkat yang Terdapat Pada Laptop Yang Harus Kamu Tahu!


Laptop merupakan perangkat elektronik yang banyak digunakan untuk kepentingan kerja, kuliah, sekolah dan lainnya serta menjadi kebutuhan pokok. Laptop diciptakan dalam bentuk minimalis dari komputer yang sudah dilengkapi berbagai fitur yang tidak perlu lagi digabungkan secara eksternal layaknya komputer seperti : Wifi, speaker dan juga bluetooth. Laptop didesain lebih simple serta praktis sehingga mudah untuk kamu bawa kemanapun kamu pergi dan menjadi lebih efisien daripada menggunakan komputer desktop.

Laptop memiliki perangkat serta komponen hampir seperti komputer hanya saja ukuran komponen pada laptop cenderung lebih kecil dibandingkan dengan komputer karena menyesuaikan dengan bentuk bodynya. Berikut ini beberapa bagian dari laptop dan juga fungsinya :

1. Chasing
sumber : Jakartanotebook
Chasing atau yang biasa disebut dengan body laptop memiliki fungsi untuk menggabungkan berbagai komponen hardware di dalam laptop seperti, motherboard, LCD, dan beberapa perangkat lainnya. Selain itu juga Chasing memiliki fungsi melindungi perangkat keras di dalamnya.

2. Motherboard
sumber : Amazon
Motherboard atau lebih sering disebut dengan mainboard merupakan sebuah komponen elektronik terpenting pada laptop karena berfungsi untuk memasang perangkat serta peripheral paling utama seperti Prosesor, Chipset, Soundcard, VGA CArd, dan perangkat peripheral lainnya yang mendukung kinerja laptop.

3. LCD
sumber ; arenalaptop
LCD merupakan perangkat monitoring yang menampilkan hasil proses kerja dari laptop berupa gambar animasi ataupun text.

4. Processor
sumber : BestBuy
Processor merupakan perangkat inti dari laptop yang berperan sebagai otak komputer. Semua aktifitas yang kamu lakukan dengan laptop akan diproses melalui processor sebelum ditampilkan oleh perangkat output.

5. Keyboard
sumber : keshort
Keyboard merupakan perangkat input laptop yang memiliki banyak huruf, angka maupun simbol. Keyboard yang terdapat pada laptop dibuat seminimalis mungkin agar terlihat lebih rapi dan juga tentunya lebih efisien.

6. TouchPad
sumber : wikipedia
Touchpad adalah perangkat input pada laptop yang memiliki fungsi seperti mouse yakni untuk menggerakkan pointer pada layar monitor. Berbeda dengan mouse, touchpad pada laptop dapat kamu gerakkan dengan sentuhan.

7. RAM (Random Access Memory)
sumber : Suoq
RAM merupakan perangkat keras laptop yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data secara sementara sebelum dilanjutkan penyimpanan secara permanen di media penyimpanan lainnya. Besar kapasitas RAM juga akan mempengaruhi cepat lambatnya proses pada laptop kamu.

8. Hardisk
sumber : startech
Harddisk adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan data permanen dari RAM. Data yang ada di dalam penyimpanan hardisk laptop tidak akan hilang jika kita tidak memformat ataupun menghapusnya. Ukuran harddisk diantaranya sebesar 160 GB paling kecil dan 2 TB paling besar.

9. DVD

DVD adalah perangkat input peripheral yang berfungsi sebagai pembaca data dari CD, selain itu DVD juga memiliki fungsi burning yang dimana kamu bisa menyimpan data ke dalam kepingan CD.

10. Wireless Card
sumber : eBay
Wireless Card adalah perangkat laptop yang berfungsi sebagai media perantara yang tanpa menggunakan kabel selain itu Wireless Card juga memiliki fungsi sebagai perangkat yang dapat menangkap sinyal Wifi dari berbagai Access Point tanpa menggunakan kabel yang bikin kamu ribet.

11. Kipas
sumber : my-best
Kipas atau yang lebih dikenal dengan fan ini berfungsi untuk mendinginkan perangkat pendukung laptop seperti processor dan juga VGA.

12. Baterai
sumber : Shopee.co.id
Laptop dilengkapi dengan baterai dan juga cash yang berfungsi menyimpan daya dan mengalirkan daya ke perangkat laptop. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan selama 8-10 jam, jadi kamu tidak perlu khawatir jika terjadi pemadaman listrik mendadak saat sedang mengerjakan tugas.

13. Bluetooth Laptop
sumber : Shopee.co.id

Perangkat lunak pada laptop ini memiliki banyak fungsi seperti : Print file dengan printer bluetooth, mendengarkan musik tanpa kabel menggunakan headphone bluetooth, dan masih banyak yang lain.

Nah, itu dia beberapa perangkap laptop yang harus kamu tahu sebagai pemula. Semoga artikel ini dapat membantu, ya!

1 comment: