Thursday, April 18, 2019

Cara Mengobati Mastitis dengan Makanan dan Perawatan di Rumah


Mastitis merupakan salah satu kondisi akibat infeksi yang terjadi pada saluran payudara. Masalah yang satu ini sering kali menjadi kendala selama proses pemberian nutrisi kepada sang buah hati. Mastitis merupakan kondisi payudara yang membengkak dan sakit jika tidak segara diobati. Nah berikut beberapa cara mengobati mastitis dengan makanan dan perawatannya di rumah. 

Rutin Mengonsumsi Makanan dengan Karbohidrat Kompleks
Jika Anda mengalami masalah mastitis, kini sudah saatnya Anda mulai mengurangi konsumsi nasi putih. Mengapa harus demikian? Pasalnya bagi Anda yang sedang menderita mastitis sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Berbagai jenis makanan yang bisa Anda konsumsi adalah kentang, oatmeal, roti gandum dan lain sebagainya. 

Meski terkesan sederhana, cara mengobati mastitis dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks terbilang cukup efektif. pasalnya jenis makanan tersebut cenderung mengandung serat yang tinggi dibandingkan dengan jenis karbohidrat lainnya. Tak heran jika jenis makanan yang satu ini lebih baik untuk dikonsumsi bagi ibu menyusui, 

Rutin Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Baik
Mendengar kata lemak pasti salah satu hal yang terlintas dalam pikiran Anda adalah junk food. Meski begitu jangan sampai salah mengartikan ya. Sebab lemak yang dibutuhkan oleh ibu menyusui terlebih lagi bagi Anda yang sedang mengalami masalah mastitis adalah makanan yang mengandung lemak baik. 

Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak baik yang bisa Anda konsumsi adalah biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, dan susu. Pastikan Anda rutin mengonsumsi makanan tersebut agar asupan lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh tetap terpenuhi dengan baik. 

Rutin Mengonsumsi Protein dan Sea Food
Tak hanya makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan lemak baik saja, bagi ibu menyusui dan para penderita mastitis juga sangat membutuhkan asupan protein yang cukup. Berbagai jenis makanan yang bisa Anda konsumsi adalah kacang almond, yoghurt, dada ayam, keju, ikan tuna, udang, dan berbagai bahan makanan lainnya yang mengandung protein tinggi. 

Rutin Mengonsumsi Buah dan Sayur Organik
Buah dan sayur memang memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Setiap orang terlebih lagi bagi ibu menyusui pastinya sangat membutuhkan asupan yang satu ini. bagi Anda yang sedang mengalami masalah mastitis juga sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi buah dan sayur segar seperti pepaya, pisang, jeruk, bayam, dan brokoli. 

Vitamin atau Suplemen Tambahan
Jika beberapa jenis makanan di atas masih dirasa kurang cukup, maka Anda juga bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan. Namun agar lebih aman, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai suplemen dan vitamin apa yang aman untuk dikonsumsi Anda. 

Itukah beberapa cara mengobati mastitis dengan bahan makanan yang cukup sederhana dna dapat dilakukan sendiri di rumah. Jangan pernah anggap remeh masalah yang satu ini ya. Pasalnya mastitis dapat menyebabkan ibu menyusui merasa kesakitan saat memberikan ASI kepada sang buah hati.  

0 comments:

Post a Comment