Saturday, July 20, 2019

Simak 4 Kesalahan Mencuci Tangan Ini yang Sering Kamu Abaikan


Tangan menjadi organ tubuh yang sering bersentuhan dengan benda lain dibandingkan dengan organ tubuh lainnya. Dengan sentuhan seseorang dapat berinteraksi dengan dunia sekitarnya. Dari sentuhan ini, tangan menjadi rentan terkena kuman, bakteri, ataupun virus di setiap harinya. Salah satu solusi untuk tetap menjaga tangan bersih dari organisme berbahaya adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun cuci tangan.

Mencuci tangan menjadi satu hal yang sering diremehkan bagi kebanyakan orang. Kebiasaan mencuci tangan adalah salah satu hal yang kecil namun berarti yang dapat mencegah kamu dan keluarga terhindar dari organisme jahat. Mencuci tangan dengan benar akan mencegah penyebaran penyakit dengan membunuh mikroorganisme yang ada di tangan. Tangan menjadi akses yang sangat mudah untuk penyebaran mikroorganisme jahat saat kamu bersentuhan dengan benda ataupun tangan lainnya. 

Kesalahan Ketika Mencuci Tangan
Dalam mencuci tangan pun tidak bisa sembarangan hanya dengan menggunakan air saja. Mencuci tangan dengan asal-asalan dapat membuat kamu rentan terkena organisme jahat dan tangan tidak sepenuhnya terbebas dari bakteri dan kuman. Oleh karena itu, agar kamu bisa mencuci tangan dengan benar, simak beberapa kesalahan saat 

1. Mencuci tangan dengan air yang tergenang.
Mencuci tangan dengan air yang tergenang sering dijumpai disekitar kita, salah satunya yaitu mencuci tangan pada wadah yang berisi air. Sebaiknya, kamu mencuci tangan menggunakan air yang mengalir sekaligus menggunakan sabun agar semakin bersih. Dalam ajaran agama pun, kita dianjurkan untuk berwudhu menggunakan air yang mengalir. Hal itu disebabkan agar kotoran yang berada pada tubuh terbawa oleh air yang mengalir. 

2. Tidak menggunakan sabun cuci tangan.
Kebanyakan orang hanya mencuci tangan dengan menggunakan air saja. Mencuci tangan dengan air saja diasumsikan dapat menghilangkan kuman, bakteri, dan mikroorganisme jahat lainnya. Namun,  air yang kita pakai itu belum tentu higienis. 

Oleh karena itu, kamu sebaiknya menggunakan sabun saat mencuci tangan. Sabun yang digunakan pun tidak boleh sembarangan, contohnya sabun batangan. Sabun batangan ini akan lebih berbahaya karena mikroorganisme jahat akan lebih mudah berkembang biak. Sabun yang cocok untuk mencuci tangan yaitu sabun cuci tangan cair.

3. Mencuci bagian telapak tangan saja.
Kebiasaan mencuci tangan dengan menggosokkan telapaknya saja tentu saja sering kamu jumpai. Kuman pada tangan tidak hanya berdiam diri di telapak tangan saja, namun kuman menyebar dan bersembunyi di bagian-bagian yang sulit dijangkau. Oleh karena itu kamu harus mencuci keseluruhan tangan dengan menggosok sela-sela jari dan kuku serta usahakan untuk menggosoknya secara berulang kali.

4. Tidak mengeringkan tangan setelah mencuci tangan.
Mencuci tangan dengan baik dan benar sudah cukup membantu untuk menghilangkan mikroorganisme jahat. Namun, setelah mencuci tangan, pastikan kamu mengeringkan tangan dengan menggunakan tisu atau kain lap bersih. Hal ini disebabkan kuman atau bakteri yang sudah hilang akan muncul kembali pada saat kondisi tangan masih basah. 

Tangan yang lembab menjadi tempat yang nyaman bagi mikroorganisme untuk berkembang biak. Oleh karena itu, sebaiknya kamu  segera mengeringkan tangan menggunakan hand dryer atau lap kering yang bersih.

Itu lah beberapa kesalahan umum mencuci tangan yang sering kamu abaikan. Mencuci tangan dengan sabun cuci tangan tentu saja bisa membuat kamu hidup lebih sehat karena bakteri dan kuman yang menempel pada tangan menjadi hilang. Oleh karena itu, jangan pernah menyepelekan mencuci tangan pakai sabun, ya!

0 comments:

Post a Comment