Tuesday, October 15, 2019

8 Cara Mudah Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan


Akan terpengaruhnya sistem pencernaan manusia oleh gaya hidup dan pilihan makanan yang dikonsumsi oleh masing masing individu. Supaya tetap berfungsi dengan baik sistem pencernaan kita maka adanya beberapa cara mudah yang bisa diikuti untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Berikut dibawah ini 8 cara mudah meningkatkan kesehatan sistem pencernaan diantaranya yaitu : 

1. Mengkonsumsi Makanan Diet Serat Tinggi 

Dapat meningkatnya kesehatan pencernaan manusia ketika mereka mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti biji bijian, sayuran, kacang kacangan, dan juga buah buahan. Selain itu juga makanan makanan tersebut dapat membantu untuk mencegah atau mengobati berbagai masalah pada sistem pencernaan seperti diverticulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar, dan juga dapat mempertahankan berat badan yang normal. 

Mengkonsumsi Serat Yang Tidak Larut Dan Larut 

Kedua jenis serat sangat penting untuk dikonsumsi, karena kedua jenis serat tersebut dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dengan cara yang berbeda.

2. Membatasi Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak secara umum cenderung akan memperlambat proses pencernaan sehingga akan membuat seseorang lebih rentan mengalami sembelit. Supaya lebih mudah dicerna cobalah konsumsi makanan berlemak bersamaan dengan makanan berserat tinggi. 

3. Memilih Daging Tanpa Lemak 

Protein merupakan bagian paling penting didalam diet sehat tetapi potongan daging berlemak ini dapat menyebabkan tidak nyamannya pencernaan. Tetapi jika ingin makan daging, maka pilihlah potongan daging tanpa lemak seperti daging ayam tanpa kulit. 

4. Memasukkan Probiotik Kedalam Makanan Yang Akan Dikonsumsi 

Probiotik merupakan jenis bakteri sehat yang sama yang secara alami ada di seluruh pencernaan manusia. Probiotik ini akan membantu untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara melawan efek buruk dari diet, antibiotik, dan juga stress. Selain itu juga probiotik ini dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, dapat membantu memecah laktosa, dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu perbanyaklah mengkonsumsi sumber probiotik yang baik seperti yoghurt rendah lemak atau kefir setiap hari.

5. Makan Sesuai Jadwal

Dapat terbantu tetap terjaganya sistem pencernaan supaya prima jika teratur ketika akan mengkonsumi makanan dan camilan. Oleh karena itu cobalah sarapan, makan siang, dan makan ringan sekitar satu jam yang sama didalam setiap harinya. 

6. Tetap Terhidrasi 

Kesehatan sistem pencernaan juga dapat terjaga dengan baik ketika banyak minum air. Nantinya serat akan menarik air ke usus besar untuk membuat lebih lunak dan lebih besarnya tinja sehingga akan memungkinkan tinja supaya lebih mudah lewat. 

7. Menjauhi Kebiasaan Buruk Seperti Merokok, Kafein Berlebihan, Dan Alkohol 

Akan terganggunya fungsi sistem pencernaan ketika memiliki kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi minuman keras, kopi, dan juga rokok. Kebiasaan buruk itu juga akan menyebabkan masalah seperti bisul perut dan mulas. 

8. Berolahraga Secara Teratur 

Dengan melakukan olahraga secara teratur maka akan dapat membantu menjaga makanan untuk selalu bergerak melalui sistem pencernaan dan mengurangi sembelit. Dengan berolahraga juga maka akan dapat membantu untuk mempertahankan berat badan yang sehat yang pastinya bagus untuk kesehatan sistem pencernaan. Oleh karena itu olahraga secara teratur harus dijadikan sebagai jadwal mingguan. 

Selain itu masih ada cara mudah lainnya untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan yaitu dengan mengelola stress. Akan bekerja lebih kerasnya sistem pencernaan ketika terlalu sering stress ataupun cemas. Cobalah melakukan kegiatan yang dapat mengurangi stress dan aplikasikan secara teratur. 

0 comments:

Post a Comment