Wednesday, December 18, 2019

Gejala Sinusitis pada Anak


Sinusitis merupakan penyakit yang bisa menyerang  siapapun dan pada kalangan usia manapun. Dimulai dari orang tua, orang dewasa, anak-anak, bahkan bayi pun bisa terkena penyakit sinusitis. Namun, tidak seperti pada orang dewasa, penyakit sinusitis pada bayi memerlukan penanganan tepat dan khusus. 

Tanda - Tanda Sinusitis pada Anak

Bila anak Anda mengalami sinusitis, akan muncul gejala-gejala seperti:
  1. Demam
  2. Batuk serta pilek yang lama sembuhnya bahkan tak kunjung sembuh.
  3. Anak merasa nyeri di bagian dahi dan pipi.
  4. Post nasal drip atau terasa ada lendir yang tertelan.
  5. Hidung anak Anda tersumbat atau mampet selama lebih dari 10 hari. Hidung yang tersumbat ini bisa Anda atasi dengan obat semprot hidung. Namun, jangan lupa untuk membaca atau mencari informasi mengenai panduan cara pakai obat semprot hidung.
  6. Ingus atau lendir berwarna kekuningan atau kehijauan.
  7. Nafsu makan berkurang.
  8. Anak rewel, terkadang lemas seperti tak bertenaga.
  9. Mata dan hidung tampak bengkak.

Pengobatan Sinusitis pada Anak di Rumah

Anda dapat melakukan beberapa perawatan simpel ini untuk membantu meringankan sinusitis anak Anda.

1. Kompres Air Hangat

Kompreslah hidung anak Anda dengan menggunakan kompres hangat. Kompres air hangat ini dapat membantu membuat lendir menjadi lebih encer sehingga mengurangi ketidaknyamanan akibat hidung yang tersumbat.

2. Gunakan Air Humidifier

Pasanglah air humidifier atau pelembap udara di kamar atau di ruangan yang sering didatangi anak Anda untuk beraktivitas. Hal ini bertujuan untuk membantu mengurangi tersumbatnya hidung anak Anda. 

3. Memberikan Obat – Obatan Pereda Sinusitis 

Berikan obat-obatan yang sebelumnya telah diresepkan oleh dokter untuk meredakan sinusitis pada anak Anda. Perlu digarisbawahi bahwa obat-obatan yang diberikan pada anak harus obat yang memang diperuntukkan untuk anak. Sama seperti ketika anak Anda kembung, obat yang diberikan haruslah yang dikhususkan untuk anak Anda contohnya vometa drop untuk bayi.

Kenalilah gejala-gejala sinusitis pada anak karena bila penyakit sinusitis diketahui sejak dini, penanganannya pun akan lebih mudah. Selalu jaga rumah Anda agar tetap lembab serta bersih terhindar dari debu yang bertebaran untuk mengurangi faktor penyebab sinusitis. 

0 comments:

Post a Comment