Friday, September 18, 2020

Apa Saja Sih Syarat untuk Membuat Kartu NPWP?


Banyak orang yang ingin mempunyai NPWP namun tidak tahu apa saja syarat membuat NPWP itu sendiri. Padahal dalam menyiapkan syarat-syarat NPWP ini tidaklah begitu sulit lho. Anda bahkan bisa mengajukan NPWP secara online jika mempunyai syarat-syarat yang lengkap. Saat ini, NPWP bisa dengan lebih mudah dibuat karena adanya sistem online.

Banyak orang yang membutuhkan NPWP agar bisa mendirikan sebuah badan usaha. Namun kehadiran NPWP ini tidak hanya untuk keperluan membuka usaha saja, lho. Anda yang ingin membuat paspor, mengajukan kredit bank atau membuka rekening koran, semuanya memerlukan NPWP. Jadi, apapun kepentingan atau tujuan Anda dalam membuat NPWP, syarat yang dibutuhkan sangatlah mudah, apa sajakah itu?

Syarat Membuat NPWP untuk Pribadi

Untuk Anda yang ingin membuka NPWP karena keperluan pribadi, di luar tujuan membuka sebuah usaha atau bisnis, syarat yang diperlukan adalah :

1. Bagi WNI, siapkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) 

2. Sementara bagi WNA, maka Anda perlu menyiapkan paspor atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau bisa juga Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP). 

3. Jika Anda adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), maka Anda bisa melampirkan fotokopi Surat Keputusan (SK) penetapan status PNS.

4. Sementara bagi Anda yang seorang karyawan swasta, maka Anda bisa melampirkan fotokopi Surat Keterangan Kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda.

Syarat Membuat NPWP untuk Membuka Usaha

Sementara untuk Anda yang ingin sekali mendirikan sebuah bisnis, Anda perlu legalitas agar bisnis Anda diakui. Setidaknya, Anda harus mengajukan NPWP pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang dekat dengan tempat usaha Anda. 

Nah, karena pengajuan NPWP online hanya bisa dilakukan untuk pribadi, maka Anda harus mengajukannya secara offline, langsung ke KPP terdekat. Adapun syarat yang harus Anda miliki jika usaha yang ingin Anda bangun bergerak di bidang yang mencari keuntungan, seperti pertambangan minyak bumi dan gas, kontraktor dan berbagai usaha lainnya, berikut adalah syaratnya :

1. Fotokopi akta pendirian usaha atau surat yang berisikan penunjukkan dari kantor pusat kepada cabangnya untuk mendirikan sebuah badan usaha tetap.

2. Fotokopi NPWP dari pendiri perusahaan

3. Fotokopi paspor jika pendiri adalah WNA, atau bisa juga KITAS/KITAP.

4. Fotokopi berisikan dokumen mengenai izin bisnis yang dikeluarkan oleh pihak berwenang.

Sementara untuk Anda yang ingin mendirikan sebuah usaha namun orientasinya tidak pada keuntungan, maka syaratnya adalah :

1. Fotokopi KTP 

2. Surat keterangan mengenai alamat tempat tinggal dari RT atau bisa juga dari RW setempat.

Tidak begitu sulit bukan menyiapkan syarat membuat NPWP? Baik untuk keperluan pribadi atau bisnis, NPWP cukuplah penting untuk dimiliki. Jika bisnis Anda sudah beroperasional dengan baik, jangan lupa untuk mengatur bisnis Anda sesuai standar akuntansi UKM.  

Salah satu aplikasi akuntansi UKM yang sangat cocok diunduh dan gratis digunakan adalah “BukuKas”. Penasaran dengan berbagai fitur dan layanannya? Unduh segera hanya di smartphone kesayangan Anda!

0 comments:

Post a Comment